Ayo Masuk UI

FT Departemen Teknik Kimia

04/02/2011, by admin

Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia (DTK UI) merupakan salah satu departemen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan dua program studi yakni Teknik Kimia dan Teknologi Bioproses. Saat ini, DTK UI menyelenggarakan pendidikan untuk program pendidikan S1 (Reguler, Ekstensi, dan Kelas Internasional), S2, dan S3. Berdirinya Departemen Teknik Kimia berawal dari Program Studi Teknik Gas (PSTG) yang lahir pada tahun 1981 di Departemen Metalurgi atas permintaan PERTAMINA berkenaan dengan kebutuhan nasional akan sarjana teknik yang mampu dan siap untuk menangani proses pencairan gas bumi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dirjen DIKTI – DEPDIKBUD) secara resmi menetapkan Jurusan TGP FTUI sebagai Program Studi Teknik Kimia atau PSTK UI pada tahun 1996. Dengan mengingat program studi yang ada di Departemen TGP adalah program studi teknik kimia dan saran beberapa alumni TGP yang merasakan beberapa kendala yang dihadapi saat memasuki beberapa bidang lapangan kerja, maka sejak 31 Juli 2006, berdasarkan SK Rektor Universitas Indonesia, Departemen Teknik Gas dan Petrokimia resmi berubah menjadi Departemen Teknik Kimia.

Perkembangan ilmu dan teknologi di tingkat global tidak terlepas dari pantauan dan pengamatan para civitas akademika di DTK-UI, salah satunya adalah bidang Teknologi Bioproses. Teknologi Bioproses merupakan salah satu bidang yang erat kaitannya dengan Teknik Kimia. Di tingkat global, teknologi bioproses ini telah lama menjadi perhatian yang serius, terutama di negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Singapura bahkan Malaysia.. Akan tetapi di tingkat nasional, hal ini belum menjadi perhatian yang serius. Melihat hal ini, DTK UI mendorong pihak Universitas Indonesia yang memiliki visi Toward Research University untuk membuka program studi baru di DTK UI yaitu Program Studi  Teknologi Bioproses.

Ilmu dasar yang dipelajari dalam menempuh pendidikan di Teknik Kimia dan Teknologi Bioproses ini antara lain, Neraca Massa dan Energi, Perpindahan Panas, Perpindahan Massa, Teknik Reaksi Kimia/Rekayasa Hayati, Mekanika Fluida, Termodinamika, Ilmu Bahan & Korosi, Bioproses. Keseluruhan ilmu itu merupakan bagian dari ilmu fisika, matematika, kimia, dan biologi.

Departemen Teknik Kimia (DTK) dengan dua program studi yakni Teknik Kimia dan Teknologi  Bioproses, sebagai salah satu departemen dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah mengambil bagian dalam upaya pengembangan di bidang energi, bahan, dan desain produk. DTK, dengan cetak biru risetnya: “SUSTAINABLE CHEMICAL AND BIO ENGINEERING FOR ENERGY AND PRODUCT DEVELOPMENT”, telah mengembangkan empat macam grup riset yang masing-masing memiliki target dan tujuan seperti cetak biru riset. Keempat riset grup tersebut adalah Rekayasa Proses dan Konversi Produk Alam (RPKA), Energi Berkelanjutan (EB), Teknologi Industri Bioproses (TIB), dan Intensifikasi Proses (IP). Aktivitas riset yang dilakukan di DTK telah mendapat banyak bantuan dari pemerintah terutama berupa program bantuan riset, seperti: RUT, RUK, RUTI, Hibah Bersaing, RUUI, Hibah Strategis Nasional, Riset Unggulan Strategis Nasional, dll. Pada periode riset 2009, total dana riset yang diterima oleh DTK mencapai Rp. 6.000.000.000 (sekitar $ 600,000). Saat ini, DTK UI telah mendapatkan akreditasi nilai A oleh BAN (Badan Akreditasi Nasional) dan menjadi salah satu jurusan yang mendapatkan akreditasi dari AUN (Asian University Network)

Alumni lulusan dari Departemen Teknik Kimia ini dapat masuk ke berbagai jenis dunia kerja, misalnya industri oil dan gas (process engineer, safety engineer, drilling engineer), industri petrokimia, industri polimer, industri makanan & minuman, industri obat-obatan, industri semen, industri energi panas bumi, industri pertambangan logam/batubara, industri bioproses, konsultan, banking, dan dosen pengajar.