Ayo Masuk UI

FT Departemen Teknik Elektro

03/02/2011, by admin

Departemen Teknik Elektro terdiri dari jurusan Teknik Elektro dan jurusan Teknik Komputer. Untuk jurusan Teknik Elektro, pada semester 6 nanti akan dibagi menjadi empat peminatan, yaitu tenaga listrik, telekomunikasi, kendali, dan elektronika. Berikut ini adalah deskripsi umumnya.

1. Tenaga Listrik

Peminatan ini akan mempelajari bagaimana skema pembangkitan, transmisi, penyaluran, dan pemakaian energi listrik hingga ke tangan konsumen. Prospek kerja yang sesuai yaitu di PLN, Chevron (bagian pembangkitan listrik), Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Perusahaan Energi -Kelistrikan lainnya

2. Telekomunikasi

Peminatan ini akan mempelajari bagaimana menyampaikan data dan informasi dengan baik (tanpa adanya noise, redaman, distorsi, dsb) dari pengirim hingga sampai ke tangan penerima. Prospek kerja yang sesuai yaitu di Telkom, Indosat, Huaweii, XL, Esia, Nokia Siemens, Ericsson, dan perusahaan telekomunikasi lainnya

3. Kendali

Peminatan ini akan mempelajari bagaimana melakukan pengontrolan (pengendalian) pada suatu sistem atau alat dari jarak jauh (pengcodingan sangat berperan). Peminatan ini hampir selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena harus adanya kontrol (jarak jauh) pada setiap sistem sebuah teknologi. (hampir di setiap perusahaan teknologi)

4. Elektronika

Peminatan ini akan mempelajari bagaimana membuat, merakit, menganalisis komponen-komponen elektronika yang dibutuhkan oleh suatu peralatan elektronik.  Prospek kerja yang sesuai yaitu di Motorola, Omron, IBM (bagian manufacturing komponen), serta perusahaan yang bergerak dalam pembuatan, perakitan, dan perbaikan komponen-komponen listrik.

Untuk jurusan Teknik Komputer, mahasiswa dapat memilih 3 peminatan sesuai dengan bakat dan kemampuannya, yakni :

1. Embedded System

Peminatan bagi mahasiswa yang ingin mendalami pengetahuannya di dunia IC (berkenaan dengan otak. mulai otak komputer, otak robot, otak kalkulator) Jadi, mahasiswa harus memahami banget yang namanya mata kuliah microprossesor dan microcontroler, bahasa pemrograman (utamanya bahasa mesin), dan algoritma.

2.  Networking

Peminatan bagi mahasiswa yang suka dengan dunia jaringan, mulai dari LAN, WAN, pengetahuan tentang router dan backbone, dll yang berhubungan dengan dunia jaringan. Mahasiswa yang ingin mendalami peminatan ini harus memahami mata kuliah yang berhubungan dengan jaringan komputer, seperti dasar komputer, dasar jaringan komputer, dll

3.  Multimedia

Peminatan bagi mahasiswa yang suka dengan dunia multimedia, seperti 3 G, Video Streaming dan dll . Pokoknya harus kreatif nih mahasiswa yang mengambil peminatan ini.

Adapun fasilitas di Departemen Teknik Elektro UI adalah sebagai berikut.

1) Laboratorium, antara lain :

  • Laboratorium Tegangan Tinggi dan Pengukuran Listrik
  • Laboratorium Konversi Energi
  • Laboratorium Sistem Tenaga Listrik
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Teknik Kendali
  • Laboratorium Digital
  • Laboratorium Telekomunikasi
  • Laboratorium Jaringan

2) Student Corner

3) Ruang Multimedia

4) Mushala

5) Lapangan Olah raga

Prestasi rekan-rekan Departemen Teknik Elektro dalam dua tahun terakhir pun cukup membanggakan, diantaranya :

  • Juara 2 Regional 2 tim TRUIHarland F. Amin E’08
    Hari B P E’07
    M. Iqbal E’08
    Imam Askolani E’08
    Syifa Aulia E’08
    Pandu Nugroho E’08
  • Juara 2 KRCI Divisi Robot Berkaki Regional 2- Tim RatatoulieNovika Ginanto E’08
    Nanda Gustianto E’08
    Gardina D E’08
    Haris Kasminto E’08
  • Juara 2 KRCI Divisi Robot Beroda Regional 2 – Tim Blank WireWisnu Indrajit E’08
    Antoni Aldila E’08
    Saripudin E’09
  • Juara Harapan KRCI Expert Battle Regional 2 – Tim Captain HirajpbyIrvan J. P E’08
    Prayudo K. W E’08
    Agung Saputra E’08
    Ikhwanbul Kholis E’08
  • Imagine Cup 2010 (Polandia). Tim Si Mantra (Ardiansyah E’06, Burhan Adi W Tekom’07, Alfa Sheffldi Tekom’07,  Bayu Sri Ananto Tekom’07). Karya: Child Healthy-rancangan untuk tahun 2020.
  • Gemastik 2009. Tim Exercise (Ruki Harwahyu Tekom’07, Wahyu Ashari E’07, Mar’atul Azizah E’07). Karya: Game Edukasi, Perjalanan ke Negri Majapahit.
  • Imagine Cup 2009. Ardiansyah E’06, karya: tentang pemantauan pengobatan untuk penderita TBC ; dan Catur Apriono E’05 karya : tentang melacak ikan di laut.