Ayo Masuk UI

FT Departemen Teknik Sipil

03/02/2011, by admin

Pada tahun 1964, Universitas Indonesia sebagai universitas negeri, membuka program studi teknik sipil sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pendirian tersebut dirujuk ke Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan nomor 76/1964, tanggal 17 Juli 1964.

Sejak tahun 2006, Departemen Teknik Sipil FTUI mengelola dua program studi yaitu Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan. Dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada tahun 2004 program Studi Teknik Sipil memperoleh peringkat A. Pada akhir tahun 2008, Departemen Teknik Sipil memperoleh Akreditasi Internasional dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Beberapa program pendidikan di Departemen Teknik Sipil adalah sebagai berikut :

1. Program Sarjana

Ada beberapa pilihan untuk Program Sarjana di Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia.

  • Kelas Reguler, 144 sks dalam jangka waktu 8 semester. Lulusannya diberi gelar Sarjana Teknik (ST).
  • Kelas Ekstensi, program ini adalah untuk siswa yang telah memiliki pengetahuan dasar-dasar teknik dari lembaga terakreditasi eduacation lebih tinggi dengan sks minimal 110 (Diploma-3). Program ini membawa 64 kredit selama 6 semester. Lulusannya diberi gelar Sarjana Teknik (ST).
  • Kelas Internasional, program ini dirancang dengan 76 sks di Universitas Indonesia dan 68 sks di Queensland University of Technology (QUT), Australia. Setelah 4 semester di UI dan 4 semester lagi di QUT, para lulusan akan diberikan gelar ganda ST dan B. Eng.

2. Program Pasca Sarjana

Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia membuka Program Pasca Sarjana Master dan Doktor.

  • Master
    Total sks dari 40-42 dengan masa studi 4 semester. Para lulusan akan diberi gelar MT (Magister Teknik) dengan spesialisasi dalam:
    * Struktur
    * Manajemen Konstruksi
    * Transportasi
    * Pengelolaan Sumber Daya Air
    * Manajemen Proyek
    * Geoteknik
    * Teknik Lingkungan
  • Doktor
    48 sks untuk jangka waktu 6 semester, dengan judul yang diberikan untuk lulusan adalah Dr (Doktor) untuk spesialisasi dalam:
    * Struktur
    * Manajemen Konstruksi
    * Transportasi
    * Pengelolaan Sumber Daya Air
    * Manajemen Proyek
    * Geoteknik

Pekerjaan yang memerlukan keahlian teknik sipil dan teknik lingkungan bervariasi seperti: jembatan, bangunan dan struktur, pembangkit tenaga listrik, pelabuhan dan saluran pelayaran, jaringan perpipaan, jalan raya, bandar udara, sistem transportasi, bendungan, drainase, sistem pengelolaan limbah padat dan cair dan masih banyak lagi. Ada lima mata kuliah pilihan dalam Program Studi Teknik Sipil, yaitu: Struktur, Manajemen Sumber Daya Air, Transportasi, Manajemen Konstruksi, dan Geoteknik.

Beberapa fasilitas yang disediakan Departemen teknik Sipil antara lain

1. Ruang Kelas

2. Laboratorium

Departemen Teknik Sipil mengelola beberapa laboratorium yaitu:

  • Laboratorium Bahan
  • Laboratorium Mekanika Tanah
  • Laboratorium Hidrolik, Hidrologi dan Sungai
  • Laboratorium Mekanika Struktur
  • Laboratorium Teknik Lingkungan
  • Laboratorium Survei
  • Laboratorium Transportasi

3. Perpustakaan

4. Studio Gambar

5. Ruang Himpunan Mahasiswa

Kegiatan kemahasiswaan didukung dengan adanya Ikatan Mahasiswa Sipil (IMS) yang berfungsi dalam pelayanan dan pembinaan warga Departemen Teknik Sipil. IMS merupakan lembaga eksekutif tingkat departemen selain di tingkat teknik juga ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Ada 8 bidang di IMS  yang memiliki proker-proker guna memenuhi kebutuhan warga Departemen Teknik Sipil, yaitu Kesekretariatan, Kebendaharaan, Pendidikan, Sosial Mahasiswa, Hubungan Masyarakat, Kreasi Mahasiswa, Kemahasiswaan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Diantara proker-proker unggulan IMS adalah Seminar Nasional, Malam Keakraban, kunjungan sosial, Civil Nite, Skripsi Award, dan pelepasan sarjana baru. Pengurus IMS tidak lain adalah warga Departemen Teknik Sipil sendiri. Dengan mengikuti organisasi, misalnya IMS, kita dapat meningkatkan softskill yang tidak kita pelajari di kelas tetapi akan sangat dibutuhkan ketika kita telah terjun di dunia kerja.

Mari bergabung bersama Departemen Teknik Sipil, semangat! :)