Ayo Masuk UI

Dept. Biologi

27/01/2011, by admin

Departemen Biologi merupakan salah satu dari enam departemen yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia (FMIPA UI). Setiap tahunnya departemen ini menerima sekitar 100 mahasiswa baru dengan passing grade yang cukup bersaing dengan jurusan biologi fakultas lain dengan berbagai jalur masuk, yaitu SIMAK UI, UMB, SNMPTN, PPKB, dan KSDI. Departemen Biologi FMIPA UI tengah berupaya untuk dapat berperan sebagai pusat unggulan pendidikan dan penelitian konservasi biodiversitas yang mampu mendukung peningkatan sumber daya manusia yang mampu berperan dan bersaing di tingkat nasional dan internasional.

S1 reguler merupakan program pendidikan tinggi pertama di Departemen Biologi FMIPA UI. Lulusan S1 reguler akan mendapatkan gelar S.Si, yang karenanya mata kuliah yang diberikan tidak sebatas mata kuliah terkait biologi. Mata kuliah sains dasar termasuk Fisika, Kimia, dan Matematika diberikan untuk menambah kecakapan lulusan Departemen Biologi program S1 reguler.

Meskipun demikian, tidak berarti bahwa bekal pengetahuan biologi yang diberikan sedikit. Mata kuliah yang diberikan sangat lengkap, mulai dari biologi umum hingga berbagai mata kuliah pilihan. Berbagai mata kuliah pilihan menarik seperti genetika, mikrobiologi, pengantar ilmu lingkungan, fisiologi reproduksi, dan bioteknologi dibuka setiap tahunnya untuk menunjang kebutuhan mahasiswa akan pemahaman yang holistik terhadap ilmu biologi. Pendidikan konservasi menjadi salah satu hal penting yang coba diusung dan ditekankan oleh dosen-dosen Departemen Biologi pada para mahasiswanya.

Nuansa keilmiahan di Departemen Biologi semakin terasa dengan keberadaan tiga badan semi otonom (BSO) dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi (Himbio), yang fokus terhadap tiga bidang peminatan utama di Departemen Biologi, yaitu bidang tumbuhan dengan BSO Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan Canopy (OMPT Canopy), bidang hewan dengan Kelompok Studi Hidupan Liar Comata (KSHL Comata), dan bidang biologi kelautan dengan SIGMA-B UI (Special Interest Group in Marine-Biology UI). Kegiatan ketiga BSO ini sangat menunjang kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan mengenai fokus-fokus bidang secara langsung di lapangan, sehingga membuat mahasiswa biologi yang memang merupakan pecinta alam berbondong-bondong bergabung dan berpartisipasi aktif di dalamnya. Beberapa kegiatan ketiga BSO ini diantaranya yaitu pengamatan lapangan di Hutan Kota UI, pelantikan BSO di Gunung Halimun-Salak, Gunung Gede Pangrango, Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, dan eksplorasi lapangan yang diadakan di berbagai taman nasional yang ada di Indonesia. Hasil eksplorasi lapangan yang dilakukan oleh KSHL Comata tahun lalu berhasil menjuarai lomba PKM-AI di tingkat MIPA.

Baru-baru ini mahasiswa Departemen Biologi kembali menunjukkan kemampuan daya saingnya yang tinggi dengan posisi juara II tingkat nasional yang diperoleh oleh salah seorang mahasiswi di ajang bergengsi tahunan OSN-PTI 2010. Sebelumnya, pada bulan Juni 2010, Departemen Biologi juga berhasil mengirimkan sebelas delegasinya untuk menghadiri The 2010 Association for Tropical Biology and Conservation Meeting (ATBC 2010), sebuah ajang tahunan internasional yang tahun lalu diselenggarakan di Bali. Tak hanya prestasi akademis, KSHL Comata pada Desember 2010 lalu juga berhasil meluncurkan buku tentang biodiversitas burung di Kampus UI Depok.

Mahasiswa lulusan Departemen Biologi saat ini banyak terserap di lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, BATAN, BPPT, Kemenristek, dan lain sebagainya. Beberapa mahasiswa lain memperoleh beasiswa di luar negeri untuk melanjutkan studinya.

Discover the enigmatic life science in Department of Biology UI!