Ayo Masuk UI

Dept. Matematika

25/01/2011, by admin

Kali pertama mendengar kata “Matematika”, kebanyakan orang bergidik ngeri, tetapi ada juga segelintir yang malah antusias. Ya, memang seperti itulah hubungan aksi-reaksi yang biasa terjadi. Apalagi ditambah paradigma bahwa matematika itu sulit, matematika itu rumit, matematika itu menyebalkan, dan pandangan-pandangan negatif lainnya tentang matematika. Padahal, matematika itu hanya butuh ketekunan untuk latihan dan mengulang-ulangnya agar terbiasa memecahkan masalah sebab bicara tentang matematika artinya sama saja dengan bicara tentang pemecahan masalah dan pengolahan data.

Terdapat 5 program peminatan lagi di jurusan matematika:

1. Matematika Murni

Sesuai judulnya, peminatan ini memiliki concern pada ilmu-ilmu dasar matematika: bagaimana suatu rumus terjadi, kenapa bisa tercipta suatu teorema, pembuktian-pembuktian teorema, dsb.

2. Matematika Komputasi

Peminatan ini akan banyak “bersentuhan” dengan algoritma-algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah matematis dengan menggunakan software-software matematika seperti Borland C++, Matlab, dsb.

3. Matematika Statistika

Peminatan yang satu ini sudah lumayan terkenal di kalangan orang awam. Tentunya berhubungan erat dengan pengolahan data dengan metode-metode statistik yang akan diajarkan lebih detail lagi di sini.

4. Matematika Riset Operasi

Riset operasi merupakan peminatan yang juga menantang, terutama bagi mahasiswa yang aktif dan senang melakukan riset dan menganalisis yang antara lain isinya tentang optimisasi, konsep matematis jaringan, dsb.

5. Matematika Aktuaria

Peminatan terakhir ini sedang naik daun, apalagi setelah ditambah dengan uji sertifikasi untuk menjadi seorang aktuaris. Ilmunya tentang lifetime, konsep dasar matematika yang banyak digunakan di bidang keuangan, dsb.

Kelima program ini tentunya sangat dibutuhkan oleh berbagai lapangan kerja, mulai dari pekerjaan kantoran hingga pekerjaan lapangan seperti dosen, risk analyst, perusahaan asuransi, BUMN-BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, perusahaan kita sendiri, dan bahkan terkadang kita tidak bekerja layaknya seorang lulusan matematika, jauh dari apa yang kita bayangkan sebab matematika tidak berbicara soal sekedar transfer ilmu saja, tetapi matematika ialah tentang transfer ilmu dan pembentukan konsep berpikir dalam pemecahan masalah-masalah yang ada. Matematika lebih dari sekedar penyampaian isi buku atau teorema-teorema tersebut karena matematika mengajarkan kita bagaimana berpikir secara sistematis ketika kita dihadapkan dengan masalah nyata.

Bagaimana dengan kehidupan kampusnya?

Iklimnya bersahabat sekali dan tidak individualis seperti kampus-kampus lain. Akrab dengan angkatan lain, dosen, bahkan dengan karyawan merupakan hal yang biasa. Suasana bahu membahu di sini pun sangat kental, meskipun persaingan selalu ada. Persaingan inilah yang memicu mahasiswa matematika untuk bisa mendapatkan yang terbaik tanpa melupakan asas kekeluargaan. Kuliahnya (diakui) cukup sulit, karena itulah kebiasaan tolong menolong cukup menghegemoni di sini sehingga persaingan yang terjadi pun sehat. Terdapat laboratorium yang berisi komputer untuk menunjang proses perkuliahan dan perpustakaan yang menyediakan text book sebagai acuan mata kuliah dan sebagai referensi tambahan serta tugas-tugas akhir mahasiswa. Pokoknya lengkap, deh! Dan tentunya masuk matematika dijamin ga akan rugi! Ditunggu lho di sini. :)