Ayo Masuk UI

Fakultas Farmasi

23/01/2011, by admin

 

Fakultas Farmasi merupakan fakultas terbaru di UI yang didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011. Fakultas ini sebelumnya merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam wujud Departemen Farmasi.

Farmasi adalah profesi yang berkarya melalui penguasaan ilmu dan seni membuat obat dari bahan alam maupun sintetik yang cocok dan nyaman untuk didistribusikan dan digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Profesi ini memiliki pengetahuan tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis dan standardisasi obat dan bahan obat, serta cara distribusi, penyimpanan dan penggunaan yang tepat dan aman. Dengan perkataan lain, mereka yang berprofesi sebagai farmasi adalah pakar obat yang menguasai ilmu dan pengetahuan tentang obat secara mendalam dari segala aspeknya

Jurusan Farmasi FMIPA UI didirikan dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada bulan September 1965. Jurusan yang semula berlokasi di Jl. Diponegoro Jakarta Pusat ini, tergabung dalam satu fakultas yang awalnya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang kemudian berdasarkan Kepres No. 44 tahun 1982 berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada tahun 1971-1977 Jurusan Farmasi berlokasi di belakang Fakultas Ekonomi UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat, dan tahun 1977-1987 menempati gedung di belakang gedung Rektorat UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat.

Pada tahun 1987, Jurusan Farmasi menempati gedung D FMIPA UI bersama Jurusan Matematika di Kampus Baru Universitas Indonesia Depok. Sejak tahun 2000, disamping menempati gedung D, kegiatan administrasi Departemen Farmasi dipusatkan di Gedung C.

Pada saat kepindahan ke Depok (tahun 1987), Jurusan Farmasi baru mengelola Program S1 dan Program Apoteker dengan jumlah mahasiswa l.k. 200 orang dan jumlah dosen 30 orang.

Fakultas Farmasi UI mengelola beberapa Program Studi, diantaranya adalah Program Pendidikan Sarjana Farmasi, Program Pendidikan Apoteker/Farmasis, Program Pendidikan Magister Farmasi, dan Program Pendidikan Doktor Farmasi. Program Sarjana Farmasi terbagi lagi menjadi Program Sarjana Reguler, Program Sarjana Nonreguler dan Program Sarjana Ekstensi.

Program pendidikan sarjana farmasi yang merupakan jenjang sarjana strata satu (S1) diarahkan terutama untuk memberikan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kefarmasian, yang selanjutnya akan dikembangkan pada program pendidikan strata yang lebih tinggi. Tersedia 2 peminatan di Departemen Farmasi, yaitu ‘Sains dan Teknologi’ dan ‘Farmasi Pelayanan’. Sedangkan, Program Profesi Apoteker merupakan program pendidikan profesi setelah lulus Program Sarjana ( S1 ) untuk memperoleh keahlian dengan sebutan Apoteker/Farmasis.

Lulusan Program Sarjana Farmasi memiliki prospek lapangan kerja baik di sektor pemerintah maupun swasta. Ia dapat bekerja dalam bidang pendidikan, penelitian maupun industri yang berkaitan dengan bidang ilmu kefarmasian. Misalnya bekerja dalam industri obat, produk biologi, makanan, kosmetik, perbekalan rumah tangga dan kesehatan, jamu dan obat tradisional, riset dan pendidikan serta perdagangan. Ia dapat berperan dalam Quality Analysis, Quality Control, Produksi, Research and Development, Marketing ataupun Insurance. Sarjana Farmasi dapat pula bekerja sebagai Regulatory Officer ataupun Clinical Research Officer.

Program pendidikan profesi Apoteker merupakan salah satu program pendidikan setelah strata satu (S1). Apoteker sebagai tenaga kerja kesehatan dapat bekerja dalam bidang pelayanan kesehatan yang mencakup pengadaan, penyediaan, distribusi, pengawasan dan penggunaan obat antara lain di Apotek dan Rumah Sakit. Lapangan pekerjaan lulusan jurusan Farmasi dapat lebih diperluas lagi seperti dibidang kosmetik dan produk makanan. Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di situs resmi Departemen Farmasi FMIPA UI www.farmasi.ui.ac.id .

Dewasa ini Jurusan Farmasi mengelola 4 program studi yaitu:

  • Program pendidikan sarjana farmasi
  • Program pendidikan apoteker/farmasis
  • Program pendidikan magister farmasi
  • Program pendidikan doktor farmasi

Berdasarkan keputusan Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia Nomor 01/SK/MWA-UI/2003 tanggal 18 Januari 2003 tentang Anggaran Rumah Tangga UI, maka Jurusan Farmasi FMIPA UI telah disesuaikan namanya menjadi Departemen Farmasi FMIPA UI.

Selanjutnya guna menunjang pendirian Rumpun Ilmu Kesehatan yang terintegrasi di dalam lingkungan UI, maka berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011 tentang Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, maka Departemen Farmasi FMIPA UI berubah menjadi Fakultas Farmasi UI.

Program studi

Pada jenjang S1 program studi farmasi terdapat program Sarjana Reguler, kelas paralel dan Kelas Ekstensi.Untuk Jenjang Profesi terdapat program profesi Apoteker. Pada Jenjang S2 terdapat Pascasarjana Ilmu Kefarmasian yang terdiri dari peminatan teknologi farmasi, peminatan kimia farmasi/kimia medisinal, peminatan biologi farmasi dan peminatan farmasi klinik.

Sejauh ini, Farmasi UI telah menorehkan begitu banyak prestasi. Lulusannya pun telah banyak dikenal dalam kontribusinya di masyarakat. Diantara alumni Farmasi UI yang saat ini memiliki peran strategis di masyarakat adalah Kepala LIPI, Kepala BPOM, General Manager PT. Aventis, Direktur PT. Kalbe Farma Bussiness Developement, Kepala Instalasi Farmasi RSCM, Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit Dharmais, Pengusaha Apotek di Perth Australia dan masih banyak lagi.

 

Ayo bergabung bersama kami ! :)