Ayo Masuk UI

Dept. Kimia

23/01/2011, by admin

Jurusan Kimia merupakan salah satu jurusan yang ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan Kimia memiliki visi “Menjadi pusat unggulan dalam pendidkan dan penelitian kimia terutama dalam mendukung ilmu pengetahuan dan teknologi”. Secara umum, jurusan kimia memiliki 5 bidang peminatan, yaitu kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Analisis, dan Biokimia.

Di jurusan kimia, kita dapat mempelajari segala sesuatu tentang zat kimia, mulai dari susunan susunan atom-atomnya, sifat fisik dan kimiawinya, sampai dengan aplikasi dari zat itu sendiri terhadap kehidupan. Kimia Organik mempelajari tentang seluk beluk interaksi atom Carbon dan turunannya. Kimia Anorganik mempelajari berbagai interaksi tentang atom atom diluar atom Carbon baik yang logam maupun yang non logam. Kimia fisik mempelajari tentang kinetika suatu reaksi kimia secara mikroskopik maupun mikroskopik. Kimia Analisis mempelajari tentang bagaimana mengetahui, mengenal dan mencari kadar suatu materi dari segi kualitatif maupun kuantitatif. Biokimia mempelajari tentang struktur, fungsi serta reaksi-reaksi dari komponen-komponen kimiawi pada makhluk hidup.

Metode belajar di kimia tidak hanya dengan metode ceramah biasa, tapi juga dengan melakukan praktikum di laboratorium. Jurusan kimia sendiri memiliki beberapa laboratorium seperti Lab. Kimia Dasar, Lab. Kimia Anorganik, Lab. Kimia Analisis, Lab. Kimia Fisik, Lab. Kimia Organik, Lab. Biokimia dan Mikrobiologi, Lab. Instrumentasi dan Lab. Penelitian.

Selain Lab diatas, terdapat juga Lab. Afiliasi yang memiliki fungsi untuk memberikan layanan jasa analisis, konsultasi dan pelatihan kepada masyarakat umum, lembaga pendidikan serta kepada industri. Peralatan utama yang ada di Departemen Kimia adalah GC (HP), AAS (Perkin Elmer, Jarel Ash), HPLC (Shimadzu LC6 dan LC20), Spectrophotometer (Hitachi), Fluorescence Spectrometer (Hitachi), FTIR (Shimadzu), Potensiostat (Versa Stat II).Departemen Kimia juga memiliki perpustakaan yang dilengkapi dengan fasilitas komputer dan internet. Gedungnya pun sudah dilengkapi dengan hotspot sehingga mahasiswa bisa melakukan aktivitas dunia maya secara leluasa.

Departemen Kimia mengelola program sarjana S1 Reguler, S1 Non-Reguler, dan pascasarjana (S2 dan S3). S1 Reguler di isi oleh mahasiswa-mahasiwa yang lulus seleksi SNMPTN, SIMAK UI, PPKB, dan KSDI. S1 Non-Reguler di isi oleh mahasiswa yang lulus melalui SIMAK UI. Tidak ada perbedaan yang khusus antara S1 reguler dan non reguler, hanya berbeda besaran biaya pendidikan saja. Program pasca sarjana S2 dan S3 juga di sediakan bagi para mahasiswa yang ingin belajar lebih jauh lagi mengenai ilmu kimia.

Dari 30 dosen yang mengampu di Departemen Kimia, sekitar 60% berpendidikan S3 dan 5 orang diantaranya bergelar Guru Besar. Prestasi Akademik Mahasiswa Kimia sendiri tidak kalah hebatnya, tahun 2010 kemarin 3orang mahasiswa kimia berhasil meraih 3besar OSNPTI tingkat Provinsi, dan salah satu nya berhasil meraih juara 1 tingkat Nasional.

Tidak hanya di bidang akademik, di bidang non akademik pun mahasiswa jurusan kimia memiliki prestasi yang membanggakan. Himpunan Mahasiswa Departemen Kimia pada tahun 2010 di beri penghargaan sebagai Lembaga Terbaik versi Dekanat FMIPA UI bersama HMD Fisika.

Prospek Lulusan jurusan Kimia cukup terbuka. Alumni kimia bisa bisa bekerja sebagai QC (Quality Control), Supervisor Laboratorium, Analis, Pengolah Limbah di Perusahaan dan lain sebagainya. Kimia UI sendiri memiliki alumni yang telah menjabat sebagai Menteri, yaitu Bpk. Dipo Alam (Menteri Sekretaris Kabinet)

jadi, tertarikkan masuk kimia..? :)

CP : Syahreza (085710506511)