Ayo Masuk UI

TRANSPORTASI DI UI

09/01/2011, by admin

Mahasiswa UI tidak punya transportasi pribadi? Sama sekali tidak masalah karena fasilitas transportasi di UI tergolong cukup special terutama untuk para pejalan kaki. Ada dua buah transportasi umum yang selalu menjadi teman setia mahasiswa UI untuk beraktivitas di dalam kampus, yakni Bus Kuning dan Sepeda kuning. Yang tentu semua dapat digunakan secara cuma-cuma ! :)

Bus Kuning

Bus Kuning sudah bukan hal asing lagi di telinga mahasiswa UI, pasalnya memang keberadaannya yang spesial dan sangat dibutuhkan setiap beraktivitas di kampus.

 

Universitas Indonesia total menyediakan 13 unit bus kuning yang rutin melewati rute-rute di dalam kampus. Bus kuning dapat diakses mulai dari jam 07.00 hingga jam 21.00. Bus kuning yang akrab dengan sebutan ‘Bikun’ pun sekarang semakin nyaman sejak tahun 2008 yang mulai di-upgrade kualitasnya, dengan kualitas yang tempat duduk yang semakin baik, pengadaan AC, musik yang sering diputar mengiringi kami berangkat kuliah, sehingga bikun kami pun semakin nyaman ! :)

Sepeda Kuning

Sebagai salah satu bentuk komitmen UI sebagai kampus go green, sebuah transportasi baru pun digagas oleh Mantan Rektor UI, Prof . Dr. der Soz Gumilar Sumantri mulai tahun 2008 yakni sepeda kuning.

Sepeda kuning hingga saat ini dapat diakses di 17 shelter sepeda yang tersebar di UI dan rencana akan terus diperbanyak diberbagai sudut kampus UI. Jumlah sepeda kuning pun sekarang juga telah ditingkatkan, dari 200 unit sekarang sudah mencapai 400 unit sehingga membuat transportasi ini makin mudah untuk digunakan. Terkait hari dan jam operasi sedikit berbeda dari bus kuning, sepeda kuning hanya bisa diakses pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 s/d pukul 17.00 namun atas keberhasilan advokasi dari tim Adkesma BEM UI 2012 sepeda kuning dapat diakses dari pukul 07.00 s/d pukul 17.00. Walaupun membuat ‘berkeringat’ dan sedikit panas, sepeda kuning tetap diminati sebagai sarana yang siap digunakan setiap saat tanpa perlu menunggu hingga untuk sekedar jalan-jalan atau berolahraga ringan.