Ayo Masuk UI

Fakultas Ilmu Komputer

08/01/2011, by admin


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia atau Fasilkom UI adalah salah satu fakultas ternama di Universitas Indonesia. Dengan kompetensi teknologi informasi yang diusung, Fasilkom bersaing ketat dengan fakultas TI lain seperti STEI (Sekolah Tinggi Elektro Informatika) ITB, Teknik Informatika ITS, dan beberapa kampus ternama lainnya dalam hal passing grade yang tak ayal lagi membuat lulusan SMA berbondong-bondong menuju Fasilkom.

Di Fasilkom terdapat beberapa pilihan program yang didapat dipilih yakni Program Sarjana Reguler, Program Sarjana Kelas Internasional, dan Program Sarjana Ekstensi. Program Reguler seperti yang kita ketahui adalah program standar yang dapat dimasuki oleh semua siswa lulusan SMA sebagaimana semua fakultas yang lain. Kelas Internasional sedikit berbeda karena menjanjikan double degree bagi para mahasiswa bekerjasama dengan Univesity of Queensland, Australia. Sedangkan Sarjana Ekstensi adalah program sarjana bagi para lulusan D3 untuk meningkatkan kompetensinya. Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di website Fasilkom disini.

Di Fasilkom juga terdapat dua jurusan yang dapat dipilih yakni Program Studi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Pada jurusan Ilmu Komputer memberikan banyak pengetahuan di bidang komputer dengan dasar-dasar teoritik yang kuat serta penerapan di beberapa bidang-bidang tertentu. Beberapa hal yang dipelajari tentang bahasa pemrogaman, struktur data, jaringan komputer, sistem operasi, basis data, dan seterusnya. Juga akan ada beberapa pelajaran matematika seperti aljabar linier dan kalkulus. Sedangkan untuk rekan-rekan Sistem Informasi akan banyak diberikan pemahaman mengkaji pemanfaatan teknologi komputer dan informasi dengan baik untuk kepentingan organisasi, oleh karena itu akan banyak menemukan ilmu tentang manajemen disini. Beberapa hal yang dipelajari tentang manajemen, organisasi, proses bisnis, dan seterusnya.

Prospek lulusan Fasilkom cukup banyak seperti programmer, system analist, konsultan dan manajer TI, software/web developer, dan banyak lagi. Untuk yang masih ragu dengan kualitas lulusan Fasilkom setidaknya data terakhir dari website Fasilkom cukup bisa menggambarkan. Bahwa lulusan Fasilkom dengan rata-rata IPK 3.15 selama empat tahun terakhir langsung terserap di pasaran tenaga kerja tanah air (75,25%) setelah mereka lulus. Sementara sisanya (24,75%) lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Beberapa tahun terakhir pun Fasilkom makin berjaya dengan torehan prestasi para mahasiswanya. Baru beberapa bulan yang lalu tiga orang mahasiswa Fasilkom mampu meraih peringkat pertama dalam dua kompetisi programming bergengsi tingkat nasional yakni ACM-ICPC 2010 dan Gemastik 2010. Tidak hanya di bidang programming namun juga di bidang robotik, web design, business plan perlahan tapi pasti mahasiswa Fasilkom mulai menunjukkan tajinya. Bahkan beberapa mahasiswanya juga mendapatkan penghargaan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Universitas Mahasaraswati, Bali untuk karya tulis mereka, sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan kompetensi mahasiswa Fasilkom.

Fasilkom tidak hanya kental dengan iklim akademis dan lomba saja, namun juga berlimpah berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti setiap mahasiswanya. Ada Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fasilkom UI yang dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan kapasitas diri. Ada pula forum-forum kerohanian seperti Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fasilkom, KUKSA, Persatuan Oikumene, dan Budhist. Ada pula wadah untuk mengembangkan hobi seperti ASCIIPela, komunitas mahasiswa Fasilkom yang gemar mengolah vokal, ada Ristek dan Microsoft Innovation Center (MIC) untuk mengembangkan hobi ‘mengoprek’ komputer, sistem operasi, atau aplikasi-aplikasi terbaru, komunitas XML (Xociety of Movie Lover) yang bergerak di bidang produksi dan apresiasi film, dan banyak lagi yang lain.

Jadi, tertarik masuk Fasilkom ? :)