Ayo Masuk UI

ASRAMA UI

06/01/2011, by admin

Salah satu kendala besar yang menjadi hambatan teman-teman daerah untuk menetapkan hatinya ke UI adalah karena tidak punya rumah baik sendiri maupun keluarga di Jakarta. Ngekos? Bisa sih, tapi kan mahal. Belum lagi bila kita berfikir kenyamanan, suasana kedaerahan masing-masing, dan seterusnya ? Buat semua yang masih punya kendala diatas, jawabannya sederhana. Asrama Universitas Indonesia.

Asrama adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih mahasiswa yang berasal dari daerah di luar Jabodetabek.  Dengan kapasitas sebesar 1200-an kamar, Asrama UI siap untuk menampung mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru nusantara.

Asrama cukup bersahabat untuk rekan-rekan mahasiswa dengan anggaran minim. Biaya sewa satu kamar asrama Rp 175.000,- / bulan yang jelas sangat jauh bila dibandingkan dengan kos-kosan yang rata-rata berkisar antara Rp 300.000,- Rp 500.000,- bahkan ada yang sampai jutaan. Pun ketika kita membandingkan dengan fasilitas di asrama seperti kantin, lapangan, mesin ATM, mushola, warnet, laundry, minimarket, dan sebagainya. Kantin-kantin di asrama pun termasuk salah satu kantin yang terjangkau di UI, sehingga membantu kita dalam proses ‘mengirit’ di tahun-tahun pertama.

Di asrama juga terdapat organisasi untuk mengembangkan kapasitas diri kita. Ada yang bernama Forum Angkatan (FORKAT) yang menjadi lembaga eksekutif di asrama layaknya OSIS waktu di SMA. Ada pula yang bernama Sahabat Asrama yang menjadi lembaga kerohanian Islam serta Persatuan Mahasiswa Kristen Asrama (PMKA) yang menjadi lembaga kerohanian agama Kristen di asrama. Ada pula yang namanya Bursa Asrama semacam koperasinya teman-teman asrama, wadah dimana kita dapat menempa jiwa kewirausahaan kita di asrama juga.

Disinilah pula kita dapat menemukan keluarga dari berbagai penjuru nusantara. Orang Jawa, Sunda, Minang, Batak, Papua, Ambon, Aceh, semua bersatu disini. Teman-teman satu lorong, rekan-rekan di FORKAT, di Sahabat, dan lainnya  semua akan menjadi rangkaian persahabatan yang tidak akan terlupa. Berlari dari satu meja di kantin ke meja yang lain dengan bahasa daerah yang berbeda, bermain futsal bersama teman-teman satu gedung dalam kompetisi di asrama, masa-masa bahagia hingga ketika tidak punya uang sepeserpun, ya, itulah asrama dengan segala kenangannya yang akan selalu terukir di hati.

Terjangkau, nyaman, hangat. Inilah Asrama kami. :)