Ayo Masuk UI

Fakultas Ilmu Keperawatan

06/01/2011, by admin

Sejarah lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Landasan pendirian Program Studi ini karena tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan professional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN).

Dengan latar belakang pendidikan tinggi diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar pada peserta didik untuk menumbuhkan dan membina sikap serta keterampilan professional yang diperlukan sebagai seorang “perawat professional”.

Pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain yang pada bulan Januari 1983 telah melakukan Lokakarya Nasional Keperawatan yang menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Dirjen DIKTI No. 339/D2/1985 dan SK Dirjen DIKTI No. 07/DIKTI/Kep/1986 untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan dan merupakan pendidikan tinggi jenjang Sarjana yang pertama di Indonesia.

PSIK dimulai pada bulan Agustus 1985, menyelenggarakan dua jenis Program Strata I yaitu Program A menerima lulusan SMU dan Program B menerima lulusan D3 Keperawatan/AKPER. Untuk meningkatkan kesempatan bagi perawat yang bekerja mengikuti pendidikan, pada tahun akademik 1995 telah dibuka Program B Ekstensi yang diselenggarakan pada sore hari. Lama pendidikan untuk program A adalah 9 semester sedangkan program B adalah 5 semester dan lulusan kedua program ini adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kp., dan lulusan telah memiliki kemampuan penuh sebagai perawat professional.

Sesuai surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. nomor 0332/O/1995 tanggal 15 Nopember 1995, PSIK telah disahkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI).

Pada tahun 1998, FIK-UI menerapkan kurikulum Ners. Pada kurikulum Ners ini terdapat 2 (dua) tahap program pendidikan yaitu tahap program akademik dan tahap program profesi. Lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kep. dan lulusan tahap profesi adalah Ners (sebagai perawat professional).Penyebutan Program A, mulai tahun 2000 dinamakan program regular dan Program B menjadi program ekstensi yang diselenggarakan pada pagi dan sore hari.

Sejak Oktober tahun 2000, penyelenggaraan kegiatan pendidikan ilmu dasar dan ilmu keperawatan dasar terutama yang dikelola oleh Bagian Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar dilaksanakan di kampus UI Depok. Pada pembangunan gedung FIK-UI Depok tahap II sedang dilanjutkan untuk menambah fasilitas pendidikan di kampus FIK-UI Depok sejak Juli 2003.

Sejak tahun 1996 FIK-UI mempunyai 4 (empat) bagian yang terdiri dari : 1) Bagian Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar; 2) Keperawatan Medikal Bedah, 3) Keperawatan Maternitas dan Anak dan 4) Keperawatan Jiwa & Maternitas. Namun sejalan dengan perkembangan yang terjadi khususnya terkait dengan UI sebagai BHMN, maka pada tahun 2004 FIK-UI mengembangkan bagian menjadi kelompok keilmuwan keperawatan yang terdiri atas 6 (enam) kelompok keilmuwan yaitu:

  1. Kelompok Keilmuwan Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar,
  2. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Medikal Bedah,
  3. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Maternitas,
  4. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Anak,
  5. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Jiwa, dan
  6. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Komunitas.

Untuk memenuhi kompleksitas pelayanan keperawatan yang bermutu, diakomodasi oleh FIK-UI melalui pembukaan program pendidikan keperawatan pada jenjang Pascasarjana, yang dimulai dengan Program Magister Ilmu Keperawatan, Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan sejak Pebruari 1999 dan Program Spesialis Keperawatan Maternitas & Keperawatan Komunitas sejak tahun 2003. Pada tahun 2005, kekhususan pada program Magister bertambah dengan Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Jiwa.

VISI
Tahun 2030 FIK UI menjadi pusat riset keperawatan yang merupakan unggulan IPTEK yang peka budaya dalam merespon kebutuhan kesehatan masyarakat secara nasional, regional, dan global.
MISI

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi perawat profesional yang mampu bersaing secara nasional, regional, maupun global
  2. Menemukan dan mengembangkan IPTEK keperawatan yang peka budaya untuk kesejahteraan masyarakat
  3. Mengembangkan evidence-based practice (praktik berdasarkan pembuktian ilmiah) dalam bidang keperawatan

Fasilitas yang ada di FIK:
1.    Kampus
Kegiatan perkuliahan mahasiswa program sarjana FIK UI diselenggarakan di kampus FIK UI Depok. Kampus yang ada di Depok terdiri dari 2 gedung. Gedung A terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 terdiri ruang rapat kecil, ruang petugas laboratorium, ruang laboratorium Keperawatan Dasar (KD), dapur, toilet, ruang Badan Eksekutif Mahasiswa, ruang sekretariat Program Studi Pascasarjana, ruang ketua Program Studi Pascasarjana, ruang Humas dan International Office, ruang sekretaris Program Studi Pascasarjana, dan ruang staf DKKD.
Lantai 2 terdiri dari ruang laboratorium komputer I, ruang laboratorium Dasar Keperawatan (DK) termasuk biologi, anatomi, dan fisiologi, ruang laboratorium Keperawatan Medikal Bedah (KMB) dan Keperawatan Gawat Darurat (KGD), toilet, serta musholla.

Gedung B terdiri dari 5 lantai. Lantai 1 terdiri dari ruang administrasi pendidikan dan kemahasiswaan, ruang Unit Penjamin Mutu Akademik (UPMA), ruang ketua dan sekretaris Program Studi Sarjana, ruang Badan Konseling Mahasiswa (BKM), musholla, ruang audio visual, toilet, gudang, dapur, perpustakaan, ruang laboratorium komputer II, ruang administrasi umum, sarana akademik dan kepegawaian.
Lantai 2 terdiri dari ruang Dekan, ruang wakil Dekan Akademik, ruang Wakil Dekan Non-Akademik, ruang sekretariat dekanat, ruang rapat, ruang makan, toilet, ruang ganti, ruang Manajer Humas dan Kerjasama, ruang staf KMB, ruang staf KM dan KA, ruang staf Keperawatan Jiwa (KJ) dan Keperawatan Komunitas (KK); ruang Manajer Riset, Pelayanan Masyarakat dan Ventura; ruang Manajer Kualitas, Pemberdayaan, dan Sistem Informasi; ruang manajer SDM, Umum, dan Sarana Akademik; serta ruang Administrasi Keuangan. Lantai 3 dan 5 dikhususkan untuk proses perkuliahan mahasiswa sarjana. Lantai 4 digunakan untuk proses perkuliahan pascasarjana dan laboratorium klinik keperawatan. Di lantai 5 ada auditorium dan dua ruang kuliah besar untuk program sarjana.
2.    Ruang Kuliah
Gedung B lantai 3 terdiri dari ruang kelas untuk perkuliahan yang berjumlah 10. Ruang kuliah yang berkapasitas 50 mahasiswa ada 4 ruang, berkapasitas sekitar 60 mahasiswa ada 6 ruang, serta 1 ruang berkapasitas sekitar 100 orang. Perkuliahan juga dapat menggunakan laboratorium komputer atau biologi bila diperlukan. Ruang kuliah lantai 5 juga digunakan untuk proses pembelajaran mahasiswa Program Sarjana, ada 2 kelas yang berkapasitas 100 orang.

3.    Laboratorium
FIK memiliki fasilitas Laboratorium Keperawatan Dasar, Dasar Keperawatan (laboratorium anatomi, biologi, dan fisiologi), laboratorium keperawatan klinik KMB dan KGD, dan laboratorium komputer di gedung A. Laboratorium Keperawatan Maternitas, laboratorium Keperawatan Anak, dan Keperawatan Jiwa-Komunitas ada di gedung A lantai 4. fasilitas-fasilitas tersebut bisa digunakan pada jam kerja, baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Selain menggunakan laboratorium ilmu biomedik di Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia serta laboratorium terpadu UI.
4.    Auditorium FIK UI (Auditorium H.Ojo Radiat, Msc.)
Auditorium digunakan untuk acara resmi fakultas seperti kepaniteraan, angkat sumpah, dll. Namun selain acara tersebut, auditorium juga bisa digunakan untuk acara seminar, workshop, temu ilmiah, dll, baik untuk kalangan dalam maupun luar FIK UI.

5.    Perpustakaan
FIK UI menyediakan perpustakaan keperawatan yang terletak di gedung B lantai 1. Fasilitas perpustakaan yang tersedia sampai saat ini terdiri dari buku teks yang jumlahnya sekitar 5766 buah, jurnal intrnasional sekitar 486 eksemplar, jurnal nasional sekitar 159 eksemplar, dan juga tersedia beberapa tulisan ilmiah yang berupa laporan penelitian, laporan residensi, skripsi, tesis mahasiswa, maupun karya ilmiah dari staf akademik FIK.
Dalam mencari katalog buku, mahasiswa bisa menggunakan program lontar 3, sedangkan untuk mencari bahan rujukan belajar, mahasiswa bisa menggunakan internet yang ada di perpustakaan FIK UI. Mahasiswa juga bisa menggunakan fasilitas perpustakaan pusat atau fakultas lain yang ada di lingkungan UI dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota.

6.    Ruang Badan  Eksekutif Mahasiswa (BEM)
FIK UI memberikan fasilitas runag Badan Eksekutif Mahasiswa di gedung A lantai 1 sebagai sarana kegiatan mahasiswa yang dilengkapi dengan seperangkat komputer dan loker.

7.     Laboratorium Komputer
Untuk memperlancar penyelesaian tugas mahasiswa, disediakan laboratorium komputer, baik yang terletak di lantai 2 gedung A, maupun lantai 1 dan 4 gedung B FIK Depok.

8.     Kantin FIK
Kantin FIK diusahakan buka sesuai dengan jadwal kegiatan mahasiswa. Nama kantin FIK iyalah CANON J

Program  yang ada di FIK yaitu program sarjana regular, program sarjana ekstensi, program magister, program spesialis, dan program doktor. Berikut persyaratan masing-masing program:

Program sarjana Reguler
1. Syarat umum sesuai UI
2. SMU IPA
3. Tidak buta warna

Program Sarjana Ekstensi

1. Syarat umum sesuai UI
2. Lulusan SMU/Aliyah Jurusan IPA/A1/A2
3. Lulusan Akper/D-3 Keperawatan
4. Pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun dalam bidang keperawatan
5. Tidak buta warna

Program Magister

1. Pendidikan Ners dengan latar belakang SMA IPA
2. Pengalaman kerja 2 tahun dalam bidang keperawatan sesuai area kekhususan
3. Lulus TPA minimal 500
4. TOEFL minimal 450
5. Tidak buta warna

* Khusus untuk kepemimpina dan managemen dapat menerima calon dari SKM dengan catatan harus mengikuti matrikulasi minimal 12 SKS

Program Spesialis

1. Lulusan Magister Keperawatan sesuai spesialisasi yang akan diambil
2. Tidak buta warna

Program Doktoral
Periode seleksi adalah semester gasal dan genap, dengan persyaratan akademis sebagai berikut:
1. Memiliki ijasah magister atau setara dari institusi terakredetasi,
2. Mengikuti dan lulus ujian tes potensi akademik UI & bahasa Inggris,
3. Lulus seleksi khusus (wawancara dan uji proposal)
Program matrikulasi diwajibkan bagi peserta program yang dianggap memerlukan.

Ayo bergabung dengan kami,,mahasiswa ilmu keperawatan karena kamu akan mendapat banyak hal. Ilmu yang dipelajari bisa langsung diterapkan kepada orang-orang di sekitarmu.. :)

Karena FIK UI….

We care we care we care