Ayo Masuk UI

Fakultas Psikologi

06/01/2011, by admin

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi UI) adalah Fakultas Psikologi yang pertama kali berdiri di Indonesia dan hingga saat ini  menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lain di Indonesia. FPsi UI selalu berupaya untuk menjadi unggulan dalam mengembangkan ilmu psikologi dan menjawab tantangan perkembangan zaman dengan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.

FPsi UI adalah fakultas yang mempelajari ilmu mengenai tingkah laku manusia agar dapat memberikan penjelasan dan gambaran tentang perilaku manusia sekaligus membuat prediksi tentang kemungkinan terjadinya suatu perilaku serta melakukan modifikasi perilaku. Tingkah laku manusia yang dipelajari di FPsi UI melingkupi hal-hal yang covert / tidak terlihat karena letaknya ada didalam tubuh, dan juga yang overt / terlihat secara langsung oleh indera pengelihatan. Beberapa contohnya yaitu, proses mental dan perilaku; sensasi dan persepsi; proses-proses belajar, intelegensi, dan kognisi; motivasi, cinta, dan, emosi; tipe-tipe kepribadian; gangguan-gangguan psikologis dan penanganannya; hubungan interpersonal; dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu dipelajari dalam beberapa mata kuliah seperti Psikologi Umum, Psikologi Abnormal, Metodologi Penelitian dan Statistik, Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, Psikologi Industri dan Organisasi, Asesmen Klinis, Psikologi Anak Berbakat, dan lain-lain.

Saat ini FPsi UI saat ini memiliki 6 bidang studi yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yakni Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.

Jenjang pendidikan Strata 1 (S1) bisa ditempuh dalam 7-8 semester, maksimal 12 semester. Setelah lulus maka gelar yang diperoleh adalah Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 (S2) Program Magister Psikolog dan gelar yang akan diperoleh adalah Magister Profesi Psikologi atau biasa dikenal dengan sebutan Psikolog. Psikolog beda dengan Psikiater karena Psikiater adalah salah satu jenjang lanjutan dari Fakultas Kedokteran.

Di FPsi UI, terdapat 3 program menempuh S1 yaitu Reguler yang bisa dipilih melalui jalur masuk SIMAK-UI, SNMPTN, PPKB, dan KSDI. Kemudian Paralel yang bisa dipilih melalui jalur masuk SIMAK-UI. Terakhir ialah Kelas Khusus Internasional (KKI) yang bisa dipilih melalui jalur masuk SIMAK-UI dan tes khusus. Dalam menjalankan proses belajar, KKI bekerja sama dengan University of Queensland (Australia), dengan rincian 4 semester kuliah di UI dan 4 semester di UQ, ketika lulus maka akan mendapatkan double degree (SPsi & BPsych).

Fasilitas yang ada di FPsi UI diantaranya Perpustakaan Modern (lengkap dengan ruang diskusi & cafetaria); Laboratorium Observasi dan Wawancara; Laboratorium Komputer dengan program pendidikan terbaru dan fasilitas internet; Auditorium yang luas; Ruang Kelas (full AC dengan fasilitas multimedia); Toko Buku Spectra; LPT UI; LPSP3; Kantin-kantin dengan pilihan makanan yang menarik dan beragam; Bank dan ATM; Alfamart; Wartel; Toko Pernak Pernik; Fotokopi, printing,  & scanner; TPAM (Tempat Penitipan Anak Makara); Klinik Terpadu; Coffee shop; Pusat Krisis; BKM (Bimbingan Konseling Mahasiswa); UPA (Unit Penunjang Akademik); Mushola; Hotspot; Fasilitas Olahraga seperti Lapangan Basket, Futsal, Voli, dan BuluTangkis; dan lain-lain.

Untuk mengembangkan diri serta memperluas wawasan dan networking di bidang non-akademis, FPsi UI juga memiliki beberapa kegiatan kemahasiswaan yang bisa meng-upgrade soft-skill maupun hard-skill, diantaranya ialah Organisasi Kemahasiswaan yang melingkupi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM); Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM); Badan Kelengkapan BEM (BKBEM) yang terdiri atas Football Club Psychology (FC 08) , All About Japan (AAJ), Psychology Independent Movie Community (PSIM-C); Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri atas Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Persekutuan Oikumene (PO); dan juga ada Klub Peminatan (KP) seperti Basket, Teater Psikologi, Kencana Pradipa Tari, Pecinta Alam (Gandewa), Bilik Musik.

Beberapa mahasiswa, alumni, dan/atau dosen yang sukses yaitu Mba Romi, seorang psikolog bidang pendidikan, artis. Mba Winarini Wilman Dahlan Mansoer, PhD yang terkenal sebagai psikolog pada acara “Masihkah Kau Mencintaiku?”, psikolog keluarga. Atau Mba Niniek L. Karim, seorang psikolog, budayawan, pemain di film Ketika Cinta Bertasbih. Atau Bona Indonesian Idol, seorang penyanyi dan artis terkenal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prospek Kerja FPsi UI diantaranya tentu di Human Resources Development (HRD). Di bidang sosial bisa di Lembaga Internasional, LSM, Politik, Hukum,  Market Research, Penanganan Bencana, dll. Beberapa pilihan profesi lain yaitu psikolog, pengembangan masyarakat, hubungan masyarakat (public relation), pelatihan (training), pemasaran, periklanan, jurnalis, konselor sekolah, guru bimbingan konseling, peneliti, motivator, dan masih banyak lagi yang lainnya karena Dimana Ada Manusia, Ilmu Psikologi pasti akan terpakai…!!
“Kami tunggu kedatanganmu,

Di Fakultas Psikologi UI Tercinta,

Pelita Bangsa,

Bermakara Biru Muda..” :)