Ayo Masuk UI

Fakultas Hukum

06/01/2011, by admin

Fakultas Hukum Universitas Indonesia, sebagai salah satu fakultas hukum tertua dan terbaik di Indonesia. Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang selanjutnya disebut sebagai FHUI, dalam perjalanannya melahirkan juris-juris dan praktisi di bidang hukum yang handal, selalu berupaya mengaktualisasikan keilmuan dan pengabdiannya untuk masyarakat.

Integritas aparat hukum yang akhir-akhir ini terus dipertanyakan di negeri ini, juga merupakan salah satu konsen dan menjadi prioritas dari seluruh civitas untuk diperbaiki dan ditingkatkan, terutama kepada mahasiswa. Berangkat dari permasalahan inilah, FHUI berupaya menjawab permasalahan bangsa ini dengan berkontribusi melalui pendidikan hukum.
Sejak berdiri di tahun 1909, FHUI telah berhasil meluluskan banyak sarjana hukum yang handal dan kinerjanya diakui oleh bangsa ini, bahkan oleh dunia. Kita bisa ambil contoh DR.Nur Hassan Wirajuda M.L.D, LL.M yang pernah menjadi Mentri Luar Negeri Republik Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana,LL.M yang merupakan pakar hukum internasional yang keahliannya diakui oleh Indonesia juga dunia, Prof. Jimly Assidiqie mantan ketua Mahkamah Konstitusi pertama di Indonesia dan sekaligus pengajar di FHUI, Prof. Yusril Ihza Mahendra mantan menteri hukum dan ham Indonesia yang juga pengajar di FHUI, Prof. Maria salah satu hakim Mahkamah Konstitusi yang hingga sekarang masih mengabdi, Chandra Hamzah salah satu pimpinan KPK yang merupakan alumni yang berani mengambil resiko untuk memberantas korupsi di Indonesia, Najwa Shihab,LL.M merupakan pembawa acara berita di metro tv yang terkenal kritis dan berani dalam mengungkap topik dalam acaranya, dan masih banyak lagi tokoh di Indonesia ini yang merupakan lulusan terbaik dari Fakultas Hukum terbaik di Indonesia. Dan alumni yang dihasilkan oleh fakultas ini berkarya di bidangnya masing-masing dan menjadi orang-orang terbaik di bidangnya.

Visi

Menjadikan Fakultas Hukum Universitas Indonesia sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan hukum yang bertaraf internasional.

Misi
  • Meningkatkan suasana akademis yang kondusif bagi sivitas akademika dengan dukungan karyawan dan infrastruktur.
  • Menyiapkan sivitas akademika FHUI agar memiliki kemampuan akademik, profesional, bermoral, unggul, dan berdaya saing di tingkat Asia.
  • Mengembangan sistem hukum nasional dengan tidak melupakan sumber budaya bangsa.

Dengan visi dan misi yang dibawa oleh fakultas hukum ini, banyak upaya yang sudah dilakukan. Dan dengan didukung fasilitas yang memadahi, fakultas yang disebut-sebut sebagai Law School terbaik di Indonesia versi majalah Tempo ini, akan terus meningkatkan prestasinya.

Prestasi yang terlah diraih oleh fakultas ini sudah sangat banyak sekali, dan tentunya kami sudah mengantongi penghargaan internasional. Mulai dari peradilan semu(Red : mooting competition), debat hukum, penelitian, dan karya tulis lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Di dalam program akademik, fakultas Hukum Universitas Indonesia memiliki beberapa program yang dirasa akan memberikan kebutuhan yang diinginkan oleh para calon sivitas akademika Universitas Indonesia, yaitu Sarjana Hukum Reguler, Sarjana Hukum Paralel, Sarjana Hukum Internasional, Pascasarjana Magister Ilmu Hukum, Pascasarjana Magister Kenotariatan, Pascasarjana Doktoral Ilmu Hukum, Pascasarjana Magister Ilmu Hukum, Pascasarjana Magister Kenotariatan, Pascasarjana Doktoral Ilmu Hukum, yang pastinya memiliki kualitas nomor satu di Indonesia, bahkan di tingkat yang lebih tinggi.

Fakultas Hukum Universitas Indonesia memiliki tujuh program kekhususan yang didasarkan pada peminatan dan kebutuhan bangsa akan tenaga-tenaga hukum yang handal dibidang-bidang khusus. Diantaranya :

1. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungan antara Sesama Anggota Masyarakat (Hukum Perdata)
2. Program Kekhususan Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan (Hukum Pidana)
3. Program Kekhususan Praktisi Hukum
4. Program Kekhususan Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi
5. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungan Negara dan Masyarakat (Hukum Tata Negara), yang dibagi lagi menjadi Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.
6. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungan Transnasional atau Hukum Internasional
7. Program Kekhususan Hukum Tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Masalah Sosial

FHUI selama ini tidak hanya dikenal dengan budaya ilmiahnya saja, tetapi budaya organisasi yang terus menunjukan manfaat dan prestasi. Bisa dikatakan interaksi mahasiswa tidak berhenti di dalam ruang kelas saja. Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia terdapat beberapa organisasi mahasiswa, yang pertama adalah BPM FHUI (Badan Perwakilan Mahasiswa FHUI), BEM FHUI (Badan Eksekutif Mahasiswa), BO ALSA (Asian Law Student Asosiaton), BO LK2 (Lembaga Kajian Keilmuan), BO PERFILMA, dan BO KOPMA (Koperasi Mahasiswa). Dan selain ada Badan Otonom (BO), ada juga BSO atau disebut Badan Semi Otonom. Contohnya adalah SERAMBI FH UI (Senatiasa Ramah Bernuansa Islam: Rohis Fakultas Hukum), Lasale, Taekwondo, RBC, RFC, BLS, ILMS, PO, dan KMK. Selain itu masih banyak lainnya yang insyaAllah bisa memberikan pengalaman dan menyalurkan hobi teman-teman sekalian.

Kami tidak menjual janji, tetapi fakta mengatakan yang demikian ini. Bukan hanya input yang baik, tetapi insyaAllah dengan proses yang optimal maka akan dihasilkan output yang berkualitas tinggi.

FH UI, Jaya jaya jaya !

sumber : www.law.ui.ac.id