Ayo Masuk UI

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

06/01/2011, by admin

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah salah satu fakultas yang memberikan kontribusi dalam mengembangkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional, terbukti dari lulusan fakultas ini yang banyak menjadi tokoh-tokoh besar di ranah nasional dan internasional. Fakultas yang berdiri sejak tahun 1968 ini memiliki 8 departemen dengan lebih dari 20 program studi.

Departemen Ilmu Komunikasi

Program sarjana ilmu komunikasi memberikan bekal pengetahuan teori-teori metodologis komunikasi yang lebih komprehensif serta keahlian teknis dan praktis di salah satu area spesialisasi. Departemen ini mempunyai empat spesialisasi program studi, yaitu

1. Jurnalisme

Bertujuan menghasilkan tenaga profesional di bidang jurnalisme seperti reporter media cetak, radio, televisi, news anchor, media online, editor produser berita, penulis artikel, jurnalis foto, dan sebagainya.

2. Komunikasi Media

Bertujuan menghasilkan peneliti komunikasi, analis media, dan spesialis media.

3. Hubungan Masyarakat

Bertujuan untuk menghasilkan praktisi humas profesional, terampil serta berwawasan luas yang memiliki kemampuan organisasi, negosiasi, dan komunikasi.

4. Periklanan

Bertujuan untuk menghasilkan sarjana kreatif yang dapat bekerja di bidang industri komunikasi pemasaran.

Departemen Ilmu Politik

Departemen Politik mengenalkan dan mengajarkan berbagai sistem politik sehingga memberikan pengetahuan politik untuk digunakan melengkapi maupun mengembangan teori-teori yang dikenalkan dalam sistem politik. Terdapat dua program studi ilmu politik:

1. Politik Indonesia

Program studi yang memfokuskan pada masalah-masalah politik di Indonesia dalam lingkup daerah maupun nasional.

2. Perbandingan Politik

Program studi yang mempelajari tentang berbagai macam sistem politik di Indonesia.

Departemen Ilmu Administrasi

Departemen ilmu administrasi memiliki tiga program studi:

1. Administrasi Negara

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai teori dan konsep ilmu administrasi negara (publik) dan mampu menginterpretasikan berbagai kebijakan pemerintah ke dalam tatanan sistem yang terpadu melalui prinsip-prinsip good governance.

2. Administrasi Niaga

Tujuan program ini adalah melahirkan pemimpin global yang potensial dalam bisnis yang memiliki perspektif pembelajaran yang berkesinambungan, kemampuan analisis, semangat inovasi, kemandirian dan tanggung jawab sosial dalam masyarakat multikultur.

3. Administrasi Fiskal

Melalui program studi ini diharapkan melahirkan sarjana yang ahli dalam fungsi penerimaan dan pengeluaran keuangan negara khususnya di sektor perpajakan, yang kemudian berperan dalam pengambilan kebijakan dan pengelolaan di bidang perpajakan baik sektor publik maupun negara.

Departemen Kriminologi

Tujuan dari departemen Kriminologi untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kualifikasi

  • menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi kriminologi sehingga mampu merumuskan alternatif kebijakan pencegahan dan penanggulangan kejahatan sebagai masalah sosial
  • mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan kriminologi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat
  • menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan
  • mampu mengikuti perkembangan pengetahuan kriminologi

Departemen Sosiologi

Tujuan umum program sosiologi adalah melaksanakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat, dengan memiliki kepekaan sosial, kreatif, dan kritis. Departemen ini mempelajari mengenai teori-teori sosiologi, metodologi penelitian, dan statistik sosial.

Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial

Tujuan dari ilmu kesejahteraan sosial adalah menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang didasarkan dari nilai-nilai pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial untuk menangani masalah sosial melalui penerapan teknologi sosial melalui penerapan teknologi sosial secara kritis dan kreatif dalam program yang bersifat preventif, kuratif, rehabilitatif, dan pengembangan. Dalam penerapannya, departemen ilmu kesejahteraan sosial mengelompokan kegiatan perkuliahan yang bersifat teoritis, metodologis, dan aplikatif.

Departemen Antropologi

Lulusan antropologi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengidentifikasi gejala-gejala sosial budaya dan menangani permasalahan sosial budaya dalam masyarakat. Tujuan dari departemen antropologi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan wawasan luas mengenai dinamika sosial budaya dalam konteks lokal, nasional, dan global.

Departemen Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional adalah sebuah disiplin ilmu yang bersifat inter-disipliner. Di era globalisasi seperti saat ini, aktor-aktor dalam hubungan internasional ini selain terdiri dari negara bangsa (nation-state), juga mencakup non-states actors seperti organisasi internasional. Tujuan dari program sarjana hubungan internasional adalah menghasilkan sarjana yang memiliki penguasaan konseptual dan teoritis yang optimal dan meningkatkan sumber daya manusia pengajar, peneliti, serta mahasiswa agar lebih profesional dan produk berkarya sehingga mampu bersaing dalam era globalisasi.

Selain itu, FISIP juga memiliki beberapa kegiatan non-akademis di luar jam perkuliahan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Pengawas Mahasiswa (BPM) tingkat fakultas. Tidak hanya BEM dan BPM, FISIP juga mempunyai beberapa kegiatan yang dikelompokkan menjadi Badan Otonom, Badan Semi Otonom, dan Komunitas. Setiap departemen program studi juga mempunyai kepengurusan Himpunan Mahasiswa.

Badan Otonom

  • FISIPERS : Bergerak di bidang jurnalistik, FISIPERS rutin mengeluarkan buletin dan newsletter mengenai FISIP dan isu-isu yang berkembang di dalamnya.
  • Forum Studi Islam : Organisasi yang menaungi mahasiswa Islam di FISIP UI
  • KUKSA (Keluarga Umat Katolik Sivitas Akademika)
  • PO (Persatuan Oikumene)

Selain Badan Otonom, terdapat badan semi otonom dan komunitas seperti KOSTAF, BISOS, FORBI, FISIP Basketball Community, Paradoks (teater), Afiliasi Taekwondo FISIP, FLOEM (FISIP Love Environtment), KTF (Komunitas Tari FISIP), Komunitas Tenis Meja, Komunitas Bola FISIP, Komunitas Musik FISIP, Asosiasi Badminton FISIP, Full Frame (komunitas fotografi) dan lain sebagainya.

FISIP. Go Go FISIP!!! :)