Ayo Masuk UI

BAGAIMANA MENGAJUKAN BOP-B?

05/01/2011, by admin

Yup tentu saja, pertama-tama kamu harus lulus seleksi masuk S1 Reguler UI dulu pada tahun 2013 ini. :)

Setelah dinyatakan diterima — pastikan kamu membuka account pendaftaran kamu di www.penerimaan.ui.ac.id pada hari pertama pengumuman, ya — perhatikan dan baca baik-baik setiap penjelasan dan instruksi di website tersebut. Ada langkah-langkahnya di sana. Ini gambaran langkahnya pada tahun 2012:

Tab 1: [Halaman muka registrasi] –> Lihat Hasil Seleksi –> masukkan nomor registrasi

Tab 2: [Halaman Pengumuman Penerimaan] –> Kamu bisa membaca pengumuman hasil seleksi apakah kamu diterima atau tidak di halaman ini, serta penjelasan keterangan dan tata cara pendaftaran ulang , lakukan konfirmasi akan registrasi ulang dengan memasukkan password.

Tab 3: [Halaman Penjelasan Biaya Pendidikan] –> A. Biaya Pendidikan Mahasiswa Program Sarjana Reguler; B. Pembayaran Biaya Pendidikan penuh; C. Pengajuan BOP-B dan beasiswa Uang Pangkal –> Klik link “Cara Pembayaran”.

Tab 4: [Halaman Cara Pembayaran] –> di sini ada pilihan 3 opsi Bayar Penuh; Cicil; BOP-B –> klik pilihan (C) BOP-B (pilihan tidak dapat diubah. Jadi, pikirkan baik-baik jika kamu memilih penuh atau cicil).

Tab 5: [Halaman Tata cara pembayaran yang telah dipilih] –> Tunggu hasil pengumuman BOP-B sesuai tanggal yang tertera di halaman Tab 2. Jika sudah ada hasilnya, lakukan pembayaran di Bank sesuai dengan yang dijelaska di website.

kemudian kamu diharuskan mengirim berkas-berkas yang diperlukan via pos ke alamat Kantor PPSP UI Gedung A lantai 1, Ex. Perpustakaan Pusat UI
Kampus UI Depok 16424

Beberapa Syarat yang harus disiapkan untuk mendaftar BOP-B:

  1. Surat Keterangan Penghasilan Total/ Slip Gaji penanggung Biaya Pendidikan bagi yang bekerja di sektor formal (instansi pemerintah atau swasta). Bagi penanggung biaya yang bekerja di sektor informal/ usaha sendiri wajib menyertakan surat keterangan penghasilan dari RT/RW yang diketahui oleh Lurah;
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak dan/atau keterangan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun terakhir;
  3. Foto kopi rekening listrik (tempat tinggal penanggung biaya) 3 bulan terakhir;
  4. Foto kopi rekening telepon (tempat tinggal penanggung biaya) 3 bulan terakhir;
  5. Foto kopi rekening air (tempat tinggal penanggung biaya) 3 bulan terakhir;
  6. Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan milik dan atau tempat tinggal penanggung biaya;
  7. Foto kopi Kartu Keluarga dan foto kopi KTP orang tua/ wali yang masih berlaku;
  8. Formulir data diri yang telah diisi oleh mahasiswa

Sampaikan pada kesma BEM UI atau BEM fakultas tempat kamu diterima jika kamu menemui kendala baik pada proses maupun pada hasil. Karena semua kendala bisa dikomunikasikan. :)

Update BOP-B dapat dilakukan setiap 3 semester jika memiliki perubahan keadaan ekonomi seperti musibah atau perubahan pemasukan. Oleh sebab itu, update BOP-B adalah fasilitas untuk keadaan darurat karena adanya perubahan keadaan ekonomi.

BOP-Berkeadilan hanya dapat diajukan di awal masuk saat menjadi mahasiswa baru S1 reguler UI. Ajukan BOP-B di awal untuk menyesuaikan besaran biaya kuliah sesuai dengan kemampuan orang tua/penanggung biayamu, bukan pada saat update, karena update hanya akan diurus untuk orang yang mengalami perubahan keadaan ekonomi.